Daftar Tunggu Haji DKI Capai 7 Tahun

Jemaah haji DKI

UMMATONLINE.NET – Warga Jakarta yang ingin menunaikan ibadah haji tampaknya mesti bersabar. Hingga saat ini, terdapat sekitar 42 ribu warga Jakarta yang telah mendaftarkan diri untuk menunaikan ibadah haji. Padahal, DKI Jakarta sendiri, hanya memiliki kuota sekitar 8.000 jamaah haji per tahun.

Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spritual (Dikmental) Setda DKI Jakarta, Marullah Matali mengatakan, di Jakarta, tahun ini sudah terdapat sekitar 40-42 ribu orang yang mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji. Dengan kuota yang dimiliki Jakarta.

Hal itu dapat diartikan, jamaah yang baru mendaftar harus menunggu hingga delapan tahun ke depan untuk berangkat menunaikan ibadah haji. “Karena rata-rata per tahun kita hanya memiliki kuota sebanyak 8.000 jamaah saja,” ujar Marullah, Selasa (6/3/2012).

Meski begitu, dikatakan Marullah, saat musim haji, biasanya daerah-daerah akan mendapatkan tambahan kuota jamaah haji. Penambahan biasanya akan disesuaikan dengan permintaan dari masing-masing daerah.

“Biasanya kuotanya ditambah. Karena terkadang ada beberapa jamaah yang batal pergi karena sakit atau alasan lainnya,” katanya.

Dikatakan Marullah, setelah mendaftar sebagai jamaah haji, warga harus menyetorkan uang sebesar Rp 25 juta terlebih dahulu. Nantinya, saat berangkat, jamaah hanya tinggal membayar kekurangannya saja. “Tapi setiap tahunnya dana keberangkatan haji selalu berbeda,” ucapnya.

Seperti diketahui, untuk membantu kebutuhan logistik jamaah haji asal DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta menyediakan katering untuk sebanyak 8.000 jamaah. Selain itu juga disiapkan 18 armada bus untuk memenuhi kebutuhan sarana transportasi jamaah haji asal DKI Jakarta menuju Masjidil Haram.

Diakui Marullah, semangat warga Jakarta untuk menunaikan ibadah haji atau melaksanakan umrah cukup tinggi. Bahkan, penerbangan untuk umrah saja di Jakarta, per harinya mencapai 3 sampai 4 keberangkatan. (nm)

Berita terkait:

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>