NU Depok Dorong Gerakan Pemberantasan Buta Al-Qur’an

UmmatOnline.Net -  Ketua Pengurus Cabang NU Kota Depok, Jawa Barat KH Burhanuddi Marzuki menyatakan program pemberantasan buta huruf  Al-Qur’an yang dijalankan oleh pemerintahan kota perlu dioptimalkan.
“Itu terlihat dari masih banyak warga Depok yang belum bisa membaca dan menulis Al-Qur’an,” katanya di Depok, Jawa Barat, Rabu (28/12).

Usai acara pelantikan Jamiyyatul Qurro’ wal Huffadz (JQH) atau Perkumpulan Qori-Qari’ah dan Hafizh-Hafizhah di Pondok Pesantren Qotrunnada, Cipayung Depok, ia mengatakan bahwa berdasarkan bukti di lapangan, banyak lulusan SD, SMP atau MTs masih banyak yang belum bisa membaca dan menulis Al-Qur’an.

Melihat kondisi tersebut, katanya, Kota Depok saat ini sedang krisis baca Al-Qur’an. Meski ada program pemberantasan, kata dia, tapi di sisi lain Pemkot tidak memperhatikan tantangannya ataupun permasalahannya.

Dikatakannya bahwa secara umum indikasi keberhasilan program pemberantasan baca huruf Al-Qur’an bisa dilihat dari lulusan pelajar tingkat SD maupun SMP.

Ia menjelaskan, saat penerimaan siswa baru di Pondok Pesantren Qotrunnada masih dijumpai lulusan SD atau SMP masih belum bisa baca Al-Qur’an.   “Kondisi ini sangat memprihatinkan bagi generasi muda,” ujarnya.(mi/nm)

Berita terkait:

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>