Kondisi Arafah Banyak Mengalami Perbaikan

UmmatOnline.Net – Risiko kelelahan jemaah sangat tinggi pada saat puncak haji karena banyak melakukan aktifitas fisik yang tinggi di Arafah, Musdalifah dan Mina (Armina). Untuk menghadapi kemungkinan banyaknya jemaah yang kelelahan, pemerintah Indonesia menambah sembilan ambulans baru dan berkoordinasi dengan rumah sakit Arab Saudi.

“Kita tidak menutup balai kesehatan kita selama di Arafah, Balai Pengobatan Haji Indonesia tetap beroperasi selama di Arafah,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Bahrul Hayat di Kantor Misi Haji Indonesia, Mekah, Arab Saudi , Rabu (2/11) dini hari WIB.

Bahrul mengatakan kondisi Arafah untuk wukuf pada 5 Nopember nanti sudah banyak mengalami perbaikan, khususnya untuk tenda-tenda yang akan dipakai jemaah Indonesia. Usulan pemerintah mengenai perbaikan karpet tenda pun sudah dipenuhi Arab Saudi. Bahkan, jarak antar tenda satu dengan yang lainnya pun sudah di paving block.

“Dari sisi teknis, sudah baik. Termasuk dari sisi air, pemerintah Arab Saudi pun mengabulkan adanya “ready tangk” bagi jemaah kita. Tahun ini lebih baik pelayanannya,” kata Bahrul.

Pada kesempatan itu, Bahrul menegaskan kembali agar jemaah Indonesia bersabar dan melakukan ibadah dengan baik. Kebiasaan terburu-buru jemaah saat menunggu bis maupun aktifitas lainnya bisa menyebabkan kelelahan fisik.

Untuk teknis penyajian prasmanan di Armina nanti, kata Bahrul, pemerintah akan memberlakukan dua jalur antrian. Pengambilan makanan secara prasmanan itu pun akan dilakukan secara berkelompok sehingga tidak menimbulkan kericuhan. Masing-masing kelompok terdiri dari do orang.

“Kami pun menambah jumlah tim pengawas katering di Armina,” kata Bahrul.

Dari data sistem komputerisasi haji terpadu (siskohat), sebanyak 503 kloter jamaah haji reguler sudah berada di Makkah dengan jumlah 202.344 jemaah haji, Rabu (2/11). (mch/nm)

Berita terkait:

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>