Bangsa Indonesia Kehilangan Da’i Terbesar Indonesia

UmmatOnline.Net – Tokoh ulama ibu kota yang juga pimpinan Pondok Pesantren Ash-Shiddiqiyah Kedoya Jakarta Barat, KH Noer Muhammad SQ, mengaku sangat kehilangan dengan meninggalnya almarhum KH Zainuddin MZ.

KH Zaenuddin bersama Raja Dangdut Rhoma Irama

Menurut kyai Noer yang dikenal sangat dekat dengan almarhum semasa hidup, banyak jasanya yang tidak bisa dilupakan umat Islam Indonesia.
”Kita kehilangan dai terbesar di Indonesia dengan meninggalnya almarhum KH Zainuddin MZ,” tandas kyai Noer kepada Republika melalui telpon seluler dari Bandung Selasa (5/7) siang.

Menurut kiai Noer, almarhum dikenal sebagai ulama dan dai yang mampu menjelaskan ajaran Islam dengan sederhana, jelas dan mudah dimengerti banyak kalangan. ”Itulah kelebihan yang dimiliki almarhum dalam menyampaikan dakwah dan ajaran Islam,” tandas kiai Noer.

Dalam pandangan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) yang dikenal juga aktif di partai politik ini, sosok almarhum KH Zainuddin MZ dikenal sebagai seorang dai yang sabar dan arif. Walaupun harus diakui, karena tinggi dan banyaknya umat Islam yang menyukai dakwahnya, almarhum tampak kesulitan untuk membagi waktu. Karena itu, kadang almarhum datang terlambat ke sebuah acara atau pengajian.

Tak hanya KH Noer yang merasa kehilangan. Tokoh Golkar Akbar Tandjung pun merasa kehilangan dengan meninggalnya KH Zaenuddin.

Menurut Akbar, almarhum mampu memberi penyegaran dan ketenangan bagi semua pihak. Untaian kata-katanya dapat menyedot jutaan umat. Termasuk bagi para kader parta Golkar.

Akbar masih teringat dengan taushiyah yang disampaikan almarhum Zainuddin pada sebuah acara partai berlambang beringin itu di Tanjung Priok belum lama ini. Pidato yang disampaikannya memberikan semangat, motivasi, dan inspirasi.

Meninggalnya almarhum adalah kehilangan bagi umat.”Kita semua merasa kehilangan,” katanya.(rep)

Berita terkait:

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>