LSM Malang Desak Diknas Perbaiki Sekolah Rusak

Ilustrasi (ist)

UmmatOnline.Net – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jaringan Rakyat Indonesia, mendesak Dinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten Malang, untuk segera memperbaiki gedung SDN Wajak I yang rusak akibat puting beliung beberapa waktu lalu.

Ketua Divisi Pengumpulan Bahan Keterangan (pulbaket) LSM Jaringan Rakyat Indonesia, Pungky Satriya Wibowo, Kamis, mengatakan, pihaknya sangat menyesalkan Diknas Kabupaten Malang yang belum memperbaiki sekolah itu.

Kerusakan gedung sekolah SDN I Wajak akibat puting beliung tersebut sudah terjadi sejak sembilan bulan lalu, namun baru diketahui bulan ini oleh Diknas, padahal pihak Kepala SDN I Wajak telah melaporkan adanya kerusakan tersebut kepada Diknas, tapi tidak direspon.

“Anggaran untuk perbaikan gedung kan sudah ada seperti dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta Dana Alokasi Khusus (DAK), dan bahkan Dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Pendidikan (DPPIP) sebesar Rp 3,8 miliar sudah diterima oleh Diknas Kabupaten Malang. Tapi, kemana anggaran dari ketiga sumber tersebut,” kata Punky.

Untuk itu, pihaknya meminta Pemkab Malang mengevaluasi kinerja Kepala Diknas Kabupaten Malang, Suwandi. “Ini adalah bukti bahwa Suwandi tidak pernah turun ke lapangan, sebab tidak tahu ada kerusakan gedung sekolah, tapi setelah muncul dalam pemberitaan di beberapa media cetak maupun elektronik, baru diperbaiki,” katanya.

Sementara itu, menanggapi desakan tersebut, Kepala Diknas, Suwandi menjelaskan, pihaknya akan segera melakukan perbaikan gedung sekolah tersebut, dan direncanakan akan dilakukan pada akhir tahun 2010. (ant)

Berita terkait:

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>