7.100 Jemaah Haji Khusus Belum Dapat Visa

UmmatOnline.Net – Jemaah haji khusus yang belum menerima visa haji hingga hari ini tercatat 7.100 jemaah. Hal ini dikemukakan Direktur Pembinaan Haji Departemen Agama (Depag), Ahmad Kartono. Menurut Kartono,  jumlah jemaah haji khusus tahun ini mencapai 17.200 orang.

Dari jumlah tersebut, jemaah yang sudah memperoleh visa sekitar 10.100 orang. ”Insya Allah semuanya beres. Proses pengurusan visa masih terus dilakukan,” tandas Kartono.

Sebelumnya, pengeluaran visa bagi para jemaah haji khusus (plus) terganjal belum rampungnya pengurusan barcode. Barcode merupakan bukti pelunasan pemondokan hotel, transportasi, dan katering.

Menurut Fuad Hasan Masyhur, Direktur Utama PT Maktour, barcode tidak menjadi syarat perolehan visa. “Saya sudah bicara dengan Duta Besar Arab Saudi di Jakarta,” kata Fuad.

Terganjalnya pengurusan barcode itu disebabkan adanya perbedaan perizinan hotel yang dipergunakan untuk jemaah haji. Hotel selama ini dibawah Direktorat Pariwisata. Jika hotel dipergunakan untuk haji maka harus mendapatkan tasrih sendiri dari Kementerian Haji. “Jadi ada hotel yang sudah dibayar lunas, tapi, tasrih masih diurus,” kata Fuad.

Menurut Kartono, perusahaan biro haji di Indonesia kini terus berupaya menyelesaikan masalah tersebut. Dari 120 perusahaan yang memberangkatkan jemaah haji  Plus tahun ini, sudah 80 perusahaan yang menyelesaikan pengurusan barcode.

Untuk keberangkatan jemaah haji Plus pada Sabtu (7/11), terang Kartono, jumlahnya sekitar 2.000 orang calhaj. Dia menjelaskan, para calhaj itu berada dibawah naungan 16 perusahaan, diantaranya PT Safir Amal Imani, Ananda Nurul Haromain Tour & Travel, dan PT Patuna Mekar Jaya.

”Yang lain akan terus berangkat secara bertahap hingga 21 November mendatang,” tandas Kartono. Dia menambahkan, kloter pertama calhaj Plus berangkat ke Tanah Suci pada 4 November lalu. (mch)

Berita terkait:

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>